Analisi STP dari Yakult


Disini saya akan menjelaskan tentang analisis saya dalam produk yakult, pada tau dong yakult itu minuman apa ? kini yakult menjadi tren di masyarakat apalagi bagi mereka yang cinta akan kesehatan, terutama cinta akan kesehatan usus mereka, disini saya akan menjelaskan sejarah yakutl terlebih dahulu  :)

Jadi Pada tahun 1930, Dr Minoru Shirota, pendiri perusahaan Yakult, berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan memilih satu jenis bakteri yang paling tahan terhadap cairan pencernaan seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga bisa sampai ke usus halus dalam keadaan hidup. Dia kemudian menjadi orang pertama yang berhasil memperkuat budaya strain lactobacillus, yang sekarang dikenal sebagai Lactobasilus Casei Shirota Strai. Lactobasilus sendiri berarti batang, sedangkan Casei berati keju dan Shirota Strain adalah penemunya. Dr Shirota, bersama dengan relawan kemudian mengembangkan sebuah produk minuman yang diberi nama Yakult.  

Pusat penelitian Yakult didirikan ada tahun 1967. Terdapat 300 tenaga ahli yang melakukan penelitian tentang manfaat bakteri yang menguntungkan bagi manusia. Pusat penelitian ini bernama Yakult Central Institute for Microbiological Researh yang berlokasi di Jepang.



Nah, disini saya akan membahas bagimana sih STP(Segmentasi ,Targeting ,Posotioning ) produk yakult itu.



Segmentasi

Segmentasi geografis terbagi atas wilayah, ukuran kota, kepadatan penduduk, iklm, dan keadaan topografis. Produk yakult dapat dipasarkan dimana saja, bahkan di pedesaan sekalipun. Tetapi akan leih baik jika penjualan produk yakult ini difokuskan pada perkotaan, alasannya : penduduk di pedesaan masih mengkonsumsi produk produk alami seperti jamu, ketimbang produk produk olahan pabrik. Di daerah kota lebih banyak pencemaran zat-zat kimia pada makanan, oleh karena itu yakult cocok untuk menetralisir racun yang ada di tubuh. Konsumen di daerah kota cenderung ingin mendapatkan produk yang mudah di dapat serta menyehatkan.





     Targetting

       Target konsumen yang di incar oleh yakult disini sangatlah sesuai dengan segmen pasar yang di pilih yaitu adalah ibu muda, pelajar, karyawan, dan keluarga bahkan anak anak. Target pasar yang dituju yaitu di tempat seperti warung, supermarket, kantin, maupun apotek. Yakult dipasarkan untuk target pasar yang mencintai kesehatan.

     

      Positioning

      Minuman Fermentasi yang menyehatkan dengan satu-satunya Brand yang sudah Terkenal dan tidak ada saingan Industri Produk Yakult ini menyediakan Sistem Yakult Lady, melalui sistem ini Yakult didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat dilingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat Yakult. Saat ini PT. Yakult Indonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult Lady yang tersebar di 93 center-center di seluruh Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Medan, Bali dan Palembang. Jadi anda tidak perlu repot-repot keluar rumah karna yakult ladylah yang akan mendatangi anda.Tampaknya positioning ini cukup efektif di komunikasikan sebagai keunggulan yakult



cukup sekian yaa informasi dari yakult di atas tersebut maaf jika ada salah-salah kata.

:)





 Daftar pusatka :

 http://ptyakultindonesia.blogspot.co.id/p/profil.html


Pages (2)12 »


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perencanaan Pemasaran Bandung Makuta Cake