Analisi STP dari Yakult
Disini saya akan menjelaskan tentang analisis saya dalam
produk yakult, pada tau dong yakult itu minuman apa ? kini yakult menjadi
tren di masyarakat apalagi bagi mereka yang cinta akan kesehatan, terutama
cinta akan kesehatan usus mereka, disini saya akan menjelaskan sejarah yakutl
terlebih dahulu :)
Jadi Pada tahun 1930, Dr Minoru Shirota, pendiri perusahaan
Yakult, berhasil mengkulturkan berbagai jenis bakteri asam laktat dan
memilih satu jenis bakteri yang paling tahan terhadap cairan
pencernaan seperti asam lambung dan cairan empedu sehingga bisa sampai ke
usus halus dalam keadaan hidup. Dia kemudian menjadi orang pertama yang
berhasil memperkuat budaya strain lactobacillus, yang sekarang dikenal
sebagai Lactobasilus Casei Shirota Strai. Lactobasilus sendiri berarti
batang, sedangkan Casei berati keju dan Shirota
Strain adalah penemunya. Dr Shirota, bersama dengan relawan kemudian
mengembangkan sebuah produk minuman yang diberi nama Yakult.
Pusat penelitian Yakult didirikan ada tahun 1967. Terdapat
300 tenaga ahli yang melakukan penelitian tentang manfaat bakteri yang
menguntungkan bagi manusia. Pusat penelitian ini bernama Yakult Central
Institute for Microbiological Researh yang berlokasi di Jepang.
Nah, disini saya akan membahas bagimana sih STP(Segmentasi
,Targeting ,Posotioning ) produk yakult itu.
Segmentasi
Segmentasi geografis terbagi atas wilayah, ukuran kota,
kepadatan penduduk, iklm, dan keadaan topografis. Produk yakult dapat
dipasarkan dimana saja, bahkan di pedesaan sekalipun. Tetapi akan leih baik
jika penjualan produk yakult ini difokuskan pada perkotaan, alasannya :
penduduk di pedesaan masih mengkonsumsi produk produk alami seperti jamu,
ketimbang produk produk olahan pabrik. Di daerah kota lebih banyak pencemaran
zat-zat kimia pada makanan, oleh karena itu yakult cocok untuk menetralisir
racun yang ada di tubuh. Konsumen di daerah kota cenderung ingin mendapatkan
produk yang mudah di dapat serta menyehatkan.
Targetting
Target konsumen
yang di incar oleh yakult disini sangatlah sesuai dengan segmen pasar yang
di pilih yaitu adalah ibu muda, pelajar, karyawan, dan keluarga bahkan anak
anak. Target pasar yang dituju yaitu di tempat seperti warung, supermarket,
kantin, maupun apotek. Yakult dipasarkan untuk target pasar yang mencintai
kesehatan.
Positioning
Minuman Fermentasi yang
menyehatkan dengan satu-satunya Brand yang sudah Terkenal dan tidak ada saingan
Industri Produk Yakult ini menyediakan Sistem Yakult Lady, melalui sistem
ini Yakult didistribusikan oleh ibu-ibu rumah tangga kepada masyarakat
dilingkungan tempat tinggal mereka. Ketika melayani masyarakat, Yakult Lady
juga melakukan propaganda yang berisi tentang penjelasan mengenai manfaat Yakult.
Saat ini PT. Yakult Indonesia Persada memiliki kurang lebih 1100 Yakult Lady
yang tersebar di 93 center-center di seluruh Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang,
Bekasi, Serang, Cilegon, Bandung, Purwakarta, Cirebon, Semarang, Yogyakarta,
Surabaya, Medan, Bali dan Palembang. Jadi anda tidak perlu repot-repot keluar
rumah karna yakult ladylah yang akan mendatangi anda.Tampaknya positioning ini
cukup efektif di komunikasikan sebagai keunggulan yakult
cukup sekian yaa informasi dari yakult di atas tersebut maaf
jika ada salah-salah kata.
:)
Daftar pusatka :
http://ptyakultindonesia.blogspot.co.id/p/profil.html
Langganan: Posting Komentar (Atom)
Komentar
Posting Komentar